SYNTHETIC CAMERA (Tugas Grafika Pertemuan 2)

 A.    DEFINISI SYNTHETIC CAMERA

        
                  Synthetic Camera adalah metode memposisikan kamera untuk melihat benda. Synthetic                 Camera  membutuhkan 3 komponen utama, yaitu : Bidang proyeksi, sistem koordinat                             viewer dan mata.
                Cara kerja,objek dipindahkan ke coordinat viewer dan kemudian bayangan objek                             diproyeksikan perspektif.



B.    CARA KERJA KAMERA
            
            
               Citra objek dibawah cahaya  menuju lensa sehingga  di lensa muncul bayangan objek, cahaya             bayangan tersebut kemudian diteruskan ke film sehingga menimbulkan reaksi kimia yang                        membentuk citra objek.

C.    VEWING COORDINATE
        
            Viewing coordinate (UVN System) mempunyai tiga sumbu, yaitu : U, V dan N.
        Viewing coordinate diperoleh berdasarkan :
        - Posisi kamera pada world coordinate (VRP) yang ditentukan berdasarkan vector r.
        - Arah viewplan (VPN) ditentukan berdasarkan vector n.
        - Arah sumbu V ditentukan berdasarkan vector U. dan vector U bersifat tegak lurus terhadap v dan 
           n.
        - Posisi mata ditentukan dalam viewing coordinate dan disimbolkan dengan e .umumnya e berisi 
           (0,0,E).

            

        Rumus untuk menghitung n. v dan u :
        - Pemakai dapat menentukan nilai n dengan memasukkan vector norm dan dihitung :
                        n = norm / l norm l
        - norm = scene - r
       
        Vector v ditentukan oleh pemakai berdasarkan vector up (Ux, Uy, Uz) :
                    up' = up-(up.n)*n
                    v = up' / l up' l 
                    Notes : l up' l = Panjang Vektor

           
    


D.    TRANSFORMASI VIEWPLAN

            Setiap titik di world coordinate (w) dapat ditransformasikan  ke vieweing coordinate (P), 
        dengan rumus :   t = w -r 
                                   pu = t. u
                                   pv = t.v
                                   pn = t.n

            Setelah titik di world coordinate di transformasikan ke VPN maka tahap selanjutnya adalah            melakukan proyeksi perspektif terhadap titik VPN.

E.    PROYEKSI PERSPEKTIF

        Jika diketahui titik p, (Pu, Pv, Pn) adalah titik VPN dan mata terletak di titik e,(eu, ev, en) maka 
    titik q (u*,v*)dapat diperoleh dengan :
    u * = ( en pu- eu pn)/ (en - pn )
    v* = ( en pv -ev pn ) / (en - pn)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GRAFIKA PERTEMUAN 5 SISTEM KOORDINAT GRAFIKA KOMPUTER

GRAFIKA KOMPUTER : WARNA (RESUME PERTEMUAN 4)