GRAFIKA KOMPUTER : WARNA (RESUME PERTEMUAN 4)

 TUGAS RESUME PERTEMUAN 4

GRAFIKA KOMPUTER

NAMA  : JUAN FIRMANSYAH

KELAS   : 17.3B.29 TEKNOLOGI INFORMASI

NIM      :  17191180

“WARNA”

 

A.     DEFINISI WARNA                                                                       

 Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut.

B.      CAHAYA

Cahaya  merupakan energi elektro magnetik. Dibagi menjadi dua yaitu :

Cahaya terlihat (visible light) yaitu bagian dari energi elektromagnetikdengan panjang gelombang 400-700 nm(nanometer).

Cahaya tidak terlihat (invisible light) yaitu bagian dari energi elektromagnetik dengan panjang gelombang <400 nm atau >700nm .

Contoh cahaya  < 400nm yaitu : UV,Xray,Sinar Gamma dan Sinar Cosmic

Contoh cahaya > 700 nm yaitu : Microwave,Radar,Radio,Broadcast Band

 

C.      SPEKTRUM WARNA



 

D.     BAGAIMANA MANUSIA MELIHAT WARNA

Bagian mata yang sensitif terhadap cahaya adalah Retina.Retina terdiri dari Rods (sel batang),yang bertugas hanya dapat membedakan terang dan gelap sedangkan Cones peka terhadap warna.Fovea adalah area retina yang berisi cones.


E.      BAGAIMANA WARNA DIBUAT

Warna di buat dengan 2 cara yaitu :

·         Substractive Colour yaitu warna yang dihasilkan sebagai akibat dari diserapnya warna tertentu.Contoh : tinta printer

·         Additive Colour yaitu warna yang dipancarkan oleh sumber cahaya.Contoh : monitor atau display

 

F.       REPRESENTASI WARNA KOMPUTER

Ada beberapa model warna yang digunakan yaitu :

·         RGB (Red,Green,Blue) warna campuran tiga warna dasar atau primary colour.

·         CMYK (Cyan,Magenta,Yellow,Black) warna yang diperoleh karena campuran warna dasar menyerap warna dasar dan memantulkan warna yang diinginkan.

·         HSV/B (Hue,Saturation,Value/Brightness) merupakan sistem warna yang  menggunakan ukuran Hue,Saturation dan Value

·         HLS (Hue,Lightness,Saturation) menggunakan ukuran Hue,Lightness,Saturation

·         CIE (Commission International D’eclairge) mendefinisikan 3 sumber cahaya hipotesis x,y,z yang menggunakan kurva positif dari spketrum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GRAFIKA PERTEMUAN 5 SISTEM KOORDINAT GRAFIKA KOMPUTER

SYNTHETIC CAMERA (Tugas Grafika Pertemuan 2)