GRAFIKA PERTEMUAN 5 SISTEM KOORDINAT GRAFIKA KOMPUTER
TUGAS PERTEMUAN 5
Nama : Juan Firmansyah
Kelas : 17191180
NIM : 17.3B.29
“SISTEM KOORDINAT”
A. System Koordinat
Terdapat dua macam system koordinat yaitu cartesian dan polar.
1. System Cartesian : menggunakan pasangan (x,y) untuk menyatakan lokasi sebuah
bendi di bidang (2D) dan pasangan (x,y,z) untuk lokasi di ruang (3D).
2. System Polar : menggunakna sudut terhadap garis horizon (α) dan jarak dari titik pusat
(R) untuk menunjukan lokasi sebuah benda.
B. System Koordinat Menurut Situasi
1. World Coordinate (wc) : untuk menyatakan lokasi benda di dunia.
2. Screen Coordinate (sc) : untuk menyatakan lokasi titik di layar.
World Coordinate mempunyai batas - ⁓ sampai dengan + ⁓ untuk sumbu x dan y. apabila
area yang dilihat pada WC dibatasi pada area tertentu sehingga area itu disebut window. Screen
Coordinate menggunakan orientasi sumbu y yang berbeda dengan World Coordinate. Screen
Coordinate hanya memiliki nilai positif untuk sumbu x dan y dan titik (0,0) terletak di pojok kiri
atas. Batas maksimal dari sumbu x = Xmax dan batas maksimal untuk sumbu y = Ymax. Area
yang digunakan untuk menampilkan gambar di layar disebut viewport.
C. Tranformasi
Transformasi WC ke SC setiap titik wc di sc sebagai :
Xsc = Xwc
Ysc = Ymax – Ywc
Kekurangan rumus diatas adalah tidak dapat mengatasi pemakaian window dan viewport
serta nilai negatif dari koordinat wc.
Komentar
Posting Komentar